Pengertian SNMP

Pengertian SNMPSimple Network Management Protocol (SNMP) adalah spesifikasi manajemen jaringan yang dikembangkan oleh Internet Engineering Task Force (IETF), sebuah bagian dari Internet Activities Board (IAB), pada pertengahan tahun 1980-an sebagai standar manajemen untuk produk-produk jaringan berbasis LAN, seperti bridge, router, dan wiring concentrator. SNMP didesain untuk mengurangi tingkat kompleksitas dari manajemen jaringan dan banyaknya Sumber daya yang dibutuhkan untuk mendukung manajemen tersebut. Adanya SNMP memungkinkan manajemen jaringan yang tersentralisasi, kuat, dan kompatibel pada semua platform. Selain itu, SNMP memberikan fleksibilitas untuk manajemen informasi-informasi yang dimiliki oleh vendor produk tertentu.

SNMP merupakan spesifikasi komunikasi yang menjelaskan bagaimana informasi manajemen dipertukarkan antara aplikasi manajemen jaringan dengan agen manajemen.

Simple Network Management Protocol (SNMP) adalah metode yang paling dasar untukpengumpulan data bandwidth dan penggunaan jaringan. Hal ini dapat digunakan untuk memantau penggunaan bandwidth dari router dan switch port-by-port, serta pembacaanperangkat seperti memori, beban CPU, dll.

Ketika teknologi ini digunakan PRTG perangkat (misalnya router, switch, dan server) untuk penghitung lalu lintas setiap port. Pilihan ini menciptakan setidaknya beban CPU dan beban jaringan dari tiga metode.

Contoh konfigurasi SNMP pada router Cisco :
router(config)#snmp-server community INA rw
Previous
Next Post »

NOTE :

* Silahkan berkomentar dengan SOPAN,SANTUN dan BIJAK
* Jika anda tidak memiliki akun Google anda bisa gunakan Name/URL
- isi Name dengan Nama Anda
- isi URL dengan link/url profile Facebook Anda atau Twitter Anda atau yang lainnya
* Mohon jangan menyisipkan Link Hidup!!! ConversionConversion EmoticonEmoticon