Mengapa harus menggunakan ClearOS Professional ???

Mengapa harus menggunakan ClearOS Professional ??? - ClearOS 6x berbeda jauh dengan ClearOS 5.x. Pertama adalah adanya Marketplace, dan kedua karena ada dua versi , ClearOS Community Edition dan ClearOS Professional Edition.
Bagi kita yang sudah terbiasa dengan ClearOs 5.2 yang hanya ada satu edisi yaitu ClearOS Enterprise, tentu perubahan ini menimbulkan sedikit tanda tanya. Jika di ClearOS 5.2 kita cukup mendownload iso ClearOS Enterprise kemudian untuk dukungan service berbayar tinggal membeli modul tertentu, di ClearOS 6.x tidak demikian.

ClearOS Professional


Marketplace

Marketplace adalah sistem terdistribusi terbaru yang baru pertama kali diterapkan di ClearOS 6.x. Jika dulu kita mengenal namanya modul (seperti modul Webserver, modul MySQL, modul Mail server) maka di sistem marketplace, kita dikenalkan yang namanya Apps.
Semua apps diletakkan di Marketplace, baik yang gratis maupun yang berbayar, dan didistribusikan ke masing-masing server ClearOS client dengan sistem cloud, inilah yang disebut Hybrid Server.


ClearOS Professional 6.3

Saat tulisan ini dibuat, versi terbaru dari ClearOS Pro adalah 6.3. Berbeda dengan versi community yang dapat diunduh secara gratis, ClearOS Professional adalah versi ClearOS berbayar (berbagai varian dari ClearOS Pro 6.3 dapat anda lihat DISINI


Mengapa harus memakai ClearOS Professional?

Pertanyaan diatas sering sekali ditanyakan oleh pengguna ClearOS yang terbiasa dengan ClearOs 5.x.
Jadi begini, ada perbedaan segmentasi pengguna di versi 6 ini. Bagi anda yang menggunakan ClearOS untuk keperluan personal, ujicoba server, atau untuk penggunaan-penggunaan sebagai server non-kritis, maka versi community adalah pilihan terbaik. Puluhan apps yang cukup lengkap dan dapat digunakan secara gratis untuk keperluan apapun adalah salah satu alasan mengapa saya sarankan anda untuk tetap menggunakan versi community.


Tapi, ada beberapa alasan untuk upgrade ke ClearOS Professional, diantaranya adalah sbb:
  1. Anda menggunakan untuk server produksi suatu perusahaan atau organisasi.
  2. Anda menginginkan jaminan keamanan dan kestabilan yang lebih baik.
  3. Anda tidak mau repot dengan yang namanya "masalah teknis" karena yang jadi tujuan anda, anda dapat menggunakan solusi ClearOS untuk meningkatkan produktifitas bisnis anda.


Mengapa ClearOS Professional lebih baik dibanding ClearOS Community untuk penerapan di bidang produksi?

Alasannya :
  1. ClearOS Professional di backup penuh oleh teknisi-teknisi spesialis dan developer yang bersangkutan. Masalah apapun berkaitan dengan konfigurasi, gangguan, dan penerapan ClearOS untuk membantu bisnis anda, akan dapat diselesaikan. Dukungan sampai ke tingkat developer ini bisa anda dapatkan jika membeli lisensi ClearOS Professional. 
  2. ClearOS Professional memiliki apps tambahan, yang sangat powerfull untuk menunjang kinerja sistem IT anda.


Berikut ini beberapa apps yang ada di ClearOS Professional :

A. Google Apps Synchronization
Google apps sync berfungsi untuk sinkronisasi akun di google apps dan akun di ClearOS Pro. Username, Group, dan Password akan disinkronisasikan sehingga baik anda login di Google maupun di ClearOS, akan sama saja, bahkan perubahan apapun di Google atau di ClearOS akan merubah data kedua belah pihak.

B. Active Directory Connector
Dengan menggunakan Active directory connector maka anda dapat melakukan sinkronisasi dengan AD di Windows. Sama seperti Google Apps Sync, Active Directory Connector akan selalu terhubung dan mensinkronkan username, group, maupun password antara ClearOS dan Windows Server.

C. Account Synchronization
Apps Account Synchronization akan melakukan sinkronisasi username, group, dan password diantara sesama server ClearOS. Jadi anda dapat melakukan sinkronisasi ke beberapa server ClearOS yang ada di jaringan.

D. Kaspersky Antimalware dan Antivirus
Dua apps dari pembuat antivirus no 1 didunia, Kaspersky Lab, dapat anda nikmati di ClearOS Professional. Jika di ClearOS Community anda dapat menggunakan ClamAV, maka di ClearOS Professional anda dapat menggunakan anti virus dan antimalware premium dari Kaspersky yang lebih powerfull dalam menanggulangi gangguan keamanan server ClearOS anda.

E. Zarafa Collaboration Platform
Yup, The Best Open Source Email & Collaboration Software, Available On The ClearOS Platform.
Zarafa adalah email server premium yang memiliki puluhan fitur pelengkap, seperti Webmail, Address book, Shared folder, Calendar, Notes, Task list, dll. Zarafa juga dapat terhubung dengan Outlook server. Zarafa dapat melakukan sinkronisasi data dengan server ClearOS Professional.

F. Remote Security Audit
Sistem ClearOS terkenal akan keamanannya yang tinggi. Tidak cukup dengan amunisi IPS/IDS, Firewall, Protocol Filter, Content filter, dll, kini di ClearOS Pro dilengkapi juga dengan apps Remote Security Audit. RSA akan melakukan pengecekan secara real time terhadap file dan folder yang berada di dalam server ClearOS, sehingga segala macam penyusupan, perusakan, dan perubahan, akan cepat diketahui oleh Admin.

G. Remote Bandwidth Monitoring
Tidak yakin dengan bandwidth monitoring standalone atau bandwidth monitor bawaan ISP? Pasang saja Apps Remote Bandwidth Monitoring. Tidak seperti bandwidth monitoring konvensional, Remote bandwidth monitoring akan melakukan kontak langsung dengan server ClearSDN, dan server ClearSDN akan melakukan perhitungan bandwidth secara real time. Jadi admin akan mengetahui, apakah bandwidth yang mereka beli berkurang, apakah lalu linta internet mereka padat, dan lain sebagainya.

H. Dynamic VPN
Sistem dinamic VPN adalah dimana server ClearSDN akan berfungsi sebagai "jembatan" penghubung antara ClearOs yang satu dengan lainnya melalui jalur VPN. Sistem ini akan menjamin keamanan data yang dilewatkan ke tunnel, dan flesibel untuk perubahan, mengingat server ClearSDN lah yang akan melakukan routing ke target, ClearOs anda cukup menghubungi server ClearSDN untuk memulai koneksi.

Sebenarnya, masih banyak lagi apps yang bisa diperoleh dengan ClearOS versi Professional, cuma keterbatasan waktu dan tenaga yang membatasi saya membahas panjang lebar tentang ClearOs Professional ini.

Jika anda tertarik untuk implementasi ClearOS Professional kedalam sistem IT perusahaan , instansi, organisasi, atau lembaga anda, maka kami akan dengan senang hati menjadi partner dan membantu penerapan ClearOS untuk anda.

Ingin mencoba dulu ClearOS Professional? Silahkan download Trial 30 hari di Netsindo Download Center

Info lebih lanjut silahkan hubungi  info@netsindo.com


Sekian artikel Mengapa harus menggunakan ClearOS Professional ??? ini kami buat, Semoga Bermanfaat...

Previous
Next Post »

4 komentar

Click here for komentar
10/29/2012 05:21:00 AM ×

gan link nya jgn di kasih spoiler . tolong diperbaiki :)

Reply
avatar
Share-Tuts
admin
10/31/2012 03:10:00 PM ×

selamat sobat memenangkan award top comments dari Share-Tuts silahkan ambil awardnya disini http://share-tuts.blogspot.com/2012/10/pemenang-share-tuts-award-top-comments.html

Reply
avatar
Unknown
admin
11/01/2012 09:59:00 PM ×

Wah Artikel Kamu Bagus Mas . Bermanfaat .
Visit Dan Comment Back ya ^_^
http://ghalis-zone.blogspot.com/ . Thank You

Reply
avatar
11/07/2012 09:54:00 AM ×

Menarik sob.. Link sobat sudah saya pasang di Blog saya http://pelajar-blogger.blogspot.com/ terimakasih telah bertukar link dengan saya.

Reply
avatar

NOTE :

* Silahkan berkomentar dengan SOPAN,SANTUN dan BIJAK
* Jika anda tidak memiliki akun Google anda bisa gunakan Name/URL
- isi Name dengan Nama Anda
- isi URL dengan link/url profile Facebook Anda atau Twitter Anda atau yang lainnya
* Mohon jangan menyisipkan Link Hidup!!! ConversionConversion EmoticonEmoticon