Sejarah ClearOS

Untuk malam ini For-Indo45 ingin berbagi informasi tentang Sejarah ClearOS

Apa itu ClearOS ?

ClearOS adalah linux khusus untuk keperluan network, gateway, dan server. ClearOS diturunkan dari Linux RedHat Enterprise, di bentuk sedemikian rupa sehingga mudah digunakan, aman, dan stabil.


Linux Clarkconnect

Pertama kali, perusahaan yang bernama Point Clark Network membuat Linux khusus server yang dinamakan Clarkconnect di tahun 2000.

ClarkConnect


Transformasi menjadi ClearOS

Di tahun 2009, ClearCenter mengakuisisi Point Clark Networks, termasuk asetnya yaitu Linux ClarkConnect. ClearCenter kemudian membentuk yayasan bernama ClearFoundation sebagai developer Linux baru, yaitu ClearOS. Sedangkan ClearCenter sendiri menjadi perusahaan support teknis untuk ClearOS.

Clear Foundation

 ClearCenter

ClearOS sendiri diturunkan dari Linux CentOS (ClearOS 5.x) dan kemudian saat versi 6, ClearFoundation memutuskan untuk menurukan langsung dari source code RHEL.

sejarah ClearOS


ClearOS 5.x

ClearOS 5.x merupakan awal perubahan dari ClarkConnect 5 menjadi ClearOS. Versi ini mencapai ketenarannya di 5.2. ClearOS 5.2 adalah seri ClearOS yang paling stabil, mudah digunakan, lengkap modul dan fiturnya, dan paling banyak pemakainya.
Tidak heran saat ClearOS 6.x sudah hadir, pengguna setia ClearOs masih banyak yang bertahan di ClearOS 5.2.

ClearOS 5.x hanya menghadirkan 1 varian, yaitu ClearOS 5.x Enterprise. Diturunkan dari CentOS 5.x, bersifat gratis dengan opsi update untuk modul-modul tertentu yang bersifat berbayar.
ClearOS 5.x juga menyediakan dukungan teknis untuk pengguna professionalnya berupa layanan ClearSDN dan ClearCARE. ClearSDN adalah layanan cloud untuk update sistem dan modul, sedangkan ClearCARE adalah layanan konsultasi teknis.

ClearOS 5.x


ClearOS 6.x

ClearOS 6.x merupakan linux turunan dari RHEL 6.x. Di versi ini, ada dua varian, yaitu ClearOS 6 Community dan ClearOS 6 Professional.

ClearOS Community

ClearOS Community merupakan ClearOS versi gratis, ditujukan untuk para geeks yang hobby ngoprek dan dapat digunakan untuk server-server non kritis. ClearOS Community disebarluaskan tanpa ada dukungan teknis dari developer.

ClearOS Professional

ClearOS Professional adalah versi berbayar. Stabil, aman, dukungan apps premium, dan dukungan teknis 100% dari developer, merupakan hal yang ada di ClearOS Professional. Lebih lengkap pembahasan tentang apa itu ClearOS Professional, dan mengapa anda harus menggunakannya untuk server produksi, perusahaan, institusi, sekolah, dll, silahkan dibaca di artikel "Mengapa harus menggunakan ClearOS Professional???"



Sekian info Sejarah ClearOS dari saya semoga bermanfaat...:D
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Yousake NKRI
admin
11/02/2012 06:30:00 PM ×

mampir untuk membantu meramaikan blog ini ^_^

#Salam sukses dari Yousake NKRI

Congrats bro Yousake NKRI you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

NOTE :

* Silahkan berkomentar dengan SOPAN,SANTUN dan BIJAK
* Jika anda tidak memiliki akun Google anda bisa gunakan Name/URL
- isi Name dengan Nama Anda
- isi URL dengan link/url profile Facebook Anda atau Twitter Anda atau yang lainnya
* Mohon jangan menyisipkan Link Hidup!!! ConversionConversion EmoticonEmoticon