Pengertian Cloud Computing

Pengertian Cloud Computing - Setelah Browsing kesana-kemari akhirnya saya dapatkan pengertian yang pas mengenai Cloud Computing. Oke langsung aja kalau gitu... Silahkan dibaca....:D

Cloud Computing

Cloud Computting atau komputasi awan adalah komputasi berbasis internet dimana semua layanan dapat digunakan atau di akses melalui internet. Secara teknis gabungan dari banyak server untuk menyediakan sumber daya agar dapat di mafaatkan bersama. Sumber daya bisa berupa apliaksi, storage, data dan lain lain. Sebenarnya sebagian teknologi ini sudah akrab denga kita seperti layanan email, yahoo, plasa, google, Hotmail, skydrive, google doc dan office Web app.

Layanan Cloud Computing harus dapat diakses dari mana saja, kapan saja dan alat apa saja seperti layanan email bisa di akses dari kantor, rumah, warnet menggunakan komputer, handphone atau tablet asalkan semua terkoneksi ke internet. Dengan layanan ini pelanggan dapat membeli atau berlangganan layanan sesuai dengan yang mereka butuhkan saat itu, dengan kata lain juga suatu hari terjadi peningkatan, pelanggan dapat menambah paket layanan dan jika suatu hari kebutuhan menurun pelanggan juga dapat menurunkan paketnya hal ini akan menghemat biaya pengeluaran pelanggan. Tentu yang di untungkan adalah pelanggan mereka tidak perlu berinvestasi secara besar-besaran di depan. Seperti harus membeli hardware, license, melakukan development atau maintenance, semua akan di lakukan oleh penyedia layanan Cloud Computing. Layanan ini juga sangat cocok untuk UKM (usaha kecil dan menengah) yang biasanya tidak mempunyai biaya IT yang begitu besar, dengan biaya yang mereka miliki mereka sudah bisa menikmati sebuah layanan yang setara dengan perusahaan besar.

Setelah kita bicara pengertian umum cloud computing selanjutnya kita akan membahas secara teknis bagaimana cloud computing dibangun, teknologi apa yang di gunakan dan bagaiman melakukan management dan kontrol. Hampir semua Cloud Computing dibangun dengan teknologi virtuliasai, dengan teknologi ini kita dapat memaksimalkan kerja hardare secara maksimal. Yang biasanya hardware hanya bekerja sekitar 20% kita dapat memaksimalkannya menjadi 85% dengan begitu kita dapat menghemat biaya pengeluaran IT kita. 

Tidak lama lagi Cloud Computing akan menjadi booming tidak hanya di luar negri tetapi juga di Indonesia, lihat saja di situs-situs berita online operator-oprator seluler juga sudah mulai melirik bisnis ini, di samping perusahaan IT yang memang sudah berkecimpung di dunai tersebut. dan kebutuhan untuk pekerja IT yang mempunyai skill di bidang ini tentu akan sangat meningkat. Perusahaan besar yang tak ingin menempatkan data center mereka dihak ketiga juga sudah mulai memikirkan teknologi ini dengan membuat sebuah private cloud sendiri, karena dengan ini mereka dapat menekan biaya oprasional IT mereka. Tentunya ini akan menyedot tenaga kerja yang sangat besar, selain itu perusahaan-perusahaan besar juga menginginkan staf IT mereka memelajari teknologi ini, tak terkecuali buat para mahasiswa hal ini bocoran besar buat anda mulailah belajar sejak dini, tanpa pengetahuan yang cukup anda hanya akan menjadi Sarjana pengangguran.

Berikut ada training online yang sangat bagus namanya MVA Academy klik di sini


Semoga Artikel Pengertian Cloud Computing diatas bermanfaat...:D


Sumber
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Anonymous
admin
3/23/2015 09:38:00 PM ×

http://for-indo45.blogspot.com/2012/12/pengertian-cloud-computing.html

Congrats bro Anonymous you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

NOTE :

* Silahkan berkomentar dengan SOPAN,SANTUN dan BIJAK
* Jika anda tidak memiliki akun Google anda bisa gunakan Name/URL
- isi Name dengan Nama Anda
- isi URL dengan link/url profile Facebook Anda atau Twitter Anda atau yang lainnya
* Mohon jangan menyisipkan Link Hidup!!! ConversionConversion EmoticonEmoticon