Mengerti IP Routing dan Tabel IP Routing

Mengerti IP Routing dan Tabel IP Routing - Pada kesempatan malam ini setelah sibuk dengan keseharian yang cukup melelahkan saya ingin berbagi pengetahuan mengenai IP Routing.
Istialah routing barangkali sudah tidak asing lagi bagi administrator jaringan. Routing merupakan proses pencarian alur (dikenal dengan path) terbaik guna menghantarkan informasi (peket-peket data) dari sumber (source address) ketujuan (destination address) melintasi koneksi internetwork.

Tabel IP Routing
Saat router menerima sebuah frame yang memuat paket IP, router segera menghapus header frame dan trailer-nya, kemudian meneruskan paket ke proses IP routing. Proses IP routing akan mencari sebuah entri dalam tabel IP routing--dikenal dengan routing table-- yang sesuai dengan IP address tujuan yang tercatat dalam header paket tersebut.

Semua router akan merawat tabel routing masing-masing, yang memungkinkan mereka dapat memutuskan bagaimana paket-paket harus di-forward kemana mereka akan dikirim dan melalui interface mana mereka harus pergi.

Table IP routing pada dasarnya memuat daftar alur (path) terbaik untuk jaringan-jaringan. Masing-masing entri jaringan memiliki address dan prefix length (network mask) sendiri-sendiri. Jika router menemukan lebih dari satu entri yang sesuai dalam tabel routing, router akan menggunakan entri paling spesifik, yakni yang memiliki prefix length terpanjan. Table routing juga memuat nama interface dimana Cisco IOS harus meneruskan sebuah paket untuk mencapai address router lainnya(dikenal dengan next-hop).

Listing berikut mengilustrasikan sebuah tabel IP routing. Kita memperolehnya dengan memanggil perintah do show ip route, dalam router percobaan kita :

tabel IP routing

Tampilan tabel IP routing umumnya dimulai dengan penjelasan tentang notasi-notasi karakter pada permulaan baris-baris entri jaringan.Dari informasi di atas, Kita melihat bahwa :
  • Baris 12 dimulai dengan "R", mengindikasikan bahwa jaringan tersebut diproses melalui protokol routing RIP.
  • Baris 13 dan 14 dimulai dengan "C", mengindikasikan bahwa jaringan tersebut terhubung langsung dengan router ini.
  • Baris 11 memberitahu bahwa kita memiliki 3 subnet, masing-masing dengan prefix length "/24"; yang tak lain adalah network mask "255.255.255.0".
Entri RIP pada baris 12 memuat banyak infornasi. Kita bisa menjaberkannya sebagai berikut :
  • Saat IOS menerima paket dengan address tujuan sesuai dengan 172.16.20.0/24, IOS harus mem-forward paket tersebut melalui Serial1 ke router dengan address 172.16.11.2.
  • Jaringan 172.16.20.0/24 adalah satu loncatan keluar, dan IOS telah menerima update untuknya 5 detik yang lalu.
  • Informasi router hop berikutnya (next-hop router), informasi waktu (time), dan interface yang digunakan cukup mudah kita kenali melalui entri-entri yang diberikan.
  • Setelah informasi addrss jaringan, kita memiliki sua nilai dalam tanda kurung besar. "[120/1]". Ini dinamakan administrative distance (AD). Nilai kedua (setelah tanda slash) disebut metric, yang mengindikasikan hitungan atau banyak hop menuju jaringan tersebut.

Sekian informasi Mengerti IP Routing dan Tabel IP Routing ini semoga bermanfaat... :) :D
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
5/22/2019 09:49:00 AM ×

terima kasih banyak bang sharing ilmunya :)

Congrats bro StudentNackal's you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

NOTE :

* Silahkan berkomentar dengan SOPAN,SANTUN dan BIJAK
* Jika anda tidak memiliki akun Google anda bisa gunakan Name/URL
- isi Name dengan Nama Anda
- isi URL dengan link/url profile Facebook Anda atau Twitter Anda atau yang lainnya
* Mohon jangan menyisipkan Link Hidup!!! ConversionConversion EmoticonEmoticon